Mengenal Khasiat Habbatussauda

Habbatus sauda bukanlah nama yang asing lagi bagi kita. Sebagian orang menyebutnya jintan hitam. Biji dari tanaman Nigella sativa ini dikenal memiliki keistimewaan dalam bidang pengobatan. Bahkan, disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Aisyah radhiallahu 'anha,  bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ هَذِهِ الْحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ مِنَ السَّامِ. قُلْتُ: وَمَا السَّامُ؟ قَالَ: الْمَوْتُ


“Sesungguhnya habbatus sauda ini adalah obat bagi segala penyakit, kecuali as-sam.” Aku (Aisyah) berkata, “Apakah as-sam itu?” Beliau n menjawab, “Kematian.” (HR. Al-Bukhari, Kitab Ath-Thibb, Bab Al-Habbatus Sauda, hadits no. 5687) 

Menurut sejarah, tanaman ini berasal dari Mediterania (terutama Mesir). Sekarang, tanaman ini tersebar ke banyak wilayah, seperti Jazirah Arab (Yaman, Saudi Arabia), Siria, Irak, sebagian Asia Tengah (India, Pakistan), negara-negara Laut Tengah (Yunani, Siprus) dan Amerika.
Berikut ini beberapa manfaat habbatus sauda.

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Habbatus sauda dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Dengan demikian, mengkonsumsi habbatus sauda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada tahun 1993, Dr. Basil Ali bersama koleganya dari Fakultas Kedokteran, Universitas King Faisal mempublikasikannya dalam jurnal Pharmasetik Saud. Dengan demikian, habbatus sauda dapat dijadikan obat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh.

Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan
Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3), habbatus sauda merupakan nutrisi bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatus sauda juga memperbaiki (peredaran darah) mikro ke otak dan cocok diberikan kepada anak usia pertumbuhan maupun lansia.

Menetralkan racun dalam tubuh
Racun dapat menganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan keracunan dapat berupa diare, muntah, pusing, gangguan pernapasan dan turunnya daya konsentrasi. Habbatus sauda mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

Mengatasi gangguan tidur dan stres
Sapion yang terdapat pada habbatus sauda mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stres.

Anti histamin
Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronkial. Pemberian minyak ini (habbatus sauda) berdampak positif terhadap penderita asma bronkial.

Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
Habbatus sauda mengandung minyak atsiri yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan.

Melancarkan air susu ibu
Kombinasi lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatus sauda dapat melancarkan air susu ibu.

Nutrisi tambahan pada ibu hamil dan balita
Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrusi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan saat anak sangat mudah terkena flu dan pilek. Kandungan Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang terdapat dalam habbatus sauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak.

Nutrisi bagi lansia dan makanan suplemen
Kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat ideal untuk orang yang berusia lanjut, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatus sauda mengandung 15 macam asam animo penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus diperoleh dari makanan.

Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan
Habbatus sauda sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan, dan keremajaan kulit.

Nutrisi tambahan
Habbatus sauda kaya dengan kandungan nutrisi sebagai tambahan tenaga, sangat cocok untuk orang lanjut usia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun.
Habbatus sauda juga mengandung 15 jenis asam amino penyusun protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus disuplai dari makanan.
Demikian beberapa manfaat habbatus sauda yang berhasil dikaji dari berbagai penelitian. Semuanya bermuara pada satu kesimpulan akan kebenaran sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa di dalam habbatus sauda terdapat obat bagi segala penyakit kecuali kematian.
(dari berbagai sumber)



sumber : www.asysyariah.com

Komentar