Al-Qur'an Mengenai Gunung (Keajaiban Ilmiah Al-Qur'an)


Alhamdulillah, washsholatu wassalamu 'ala rosulillah...
Tulisan2 copy paste ini bukan dimaksudkan untuk sekedar memenuhi "ruang lain".. akan tetapi sebagai dokumentasi saya di "ruang lain", juga sebagai sarana untuk berbagi kepada sobat semuanya.. dan selanjutnya silakan sobat nikmati tulisan-tulisan aslinya melalui link yang disertakan pada ujung masing-masing artikel disini pada website atau blog tempat asal tulisan-tulisan tersebut berada.


Dan khusus untuk artikel ini, juga artikel sebelumnya Al-Quran Mengenai Tahap-tahap Perkembangan Janin dimaksudkan untuk mengkabarkan e-book aslinya yang bisa sobat donlot melalui link url tempat e-book ini berasal yang saya sertakan di ujung artikel ini.
Selamat menyimak...


Al-Qur'an Mengenai Gunung (Keajaiban Ilmiah Al-Qur'an)

Sebuah buku berjudul Earth (Bumi) menjadi buku teks rujukan wajib di universitas-universitas di seluruh dunia. Salah seorang penulisnya, Professor Emeritus Frank Press. Beliau pernah menjabat sebagai Penasihat Sains bagi mantan Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, dan selama 12 tahun menjabat sebagai Presiden Lembaga Ilmu Pengetahuan Nasional (the National Academy of Sciences), Washington DC. Bukunya menyebutkan bahwa gunung-gunung memiliki akar yang memakunya.1 Akar ini tertanam jauh di dalam tanah, sehingga gunung mirip dengan sebuah pasak. (Lihat Gambar-gambar dibawah).

Al Qur’an menguraikan gunung-gunung sebagai berikut : 

.أَلَمْ نَجْعَلِ الأرْضَ مِهَادًا_وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا
 "Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan, dan gunung-gunung sebagai pasak?" (Al Qur’an, An-Naba' 78 : 6-7)


Gambar. 1 Gunung  memiliki akar yang dalam di bawah permukaan tanah. (Earth [Bumi], Press dan Siever, hal. 413.)
Gambar.2 Penampang skematis. Gunung-gunung, seperti halnya pasak, memiliki akar yang terpancang jauh di dalam tanah. (Anatomy of the Earth [Anatomi(Struktur Dalaman) Bumi], Cailleux, hal. 220.)
Gambar. 3 Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa gunung memiliki bentuk seperti pasak, karena memiliki akar yang terpancang jauh di dalam tanah. (Earth Science [Sains Bumi], Tarbuck dan Lutgens, hal. 158.) (Klik gambar untuk memperbesar)

Ilmu bumi modern telah membuktikan bahwa gunung-gunung memiliki akar yang tertanam jauh di bawah permukaan tanah (lihat Gambar.3) dan akar tersebut dapat mencapai beberapa kali lipat ketinggian gunung di atas permukaan tanah.2 Jadi ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan gunung-gunung berdasarkan
keterangan ini adalah kata ‘pasak,’ karena sebagian besar bagian pasak yang tertanam dengan baik pasti tersembunyi di bawah permukaan.
Sejarah ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa teori yang menyatakan bahwa gunung-gunung memiliki akar yang dalam baru diperkenalkan pada paruh kedua abad XIX.3

Gunung-gunung juga memainkan peran penting dalam menstabilkan kulit bumi.4 Gunung-gunung mencegah bergoyangnya bumi.
Dalam Al Qur’an, Allah berfirman:



وَأَلْقَى فِي الأرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ ...

"Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu... (Al Qur’an, An Nahl 16 : 15)
  
Teori modern mengenai lempeng tektonik juga mengatakan gunung-gunung berfungsi sebagai penyeimbang bumi. Pengetahuan mengenai peran gunung sebagai penyeimbang bumi baru mulai dipahami dalam kerangka lempeng tektonik sejak akhir tahun 1960-an.5


Adakah seseorang dalam masa Nabi Muhammad shallallohu 'alayhi wasallam  yang tahu bentuk gunung yang sesungguhnya? Dapatkah seseorang membayangkan gunung yang massif dan teguh di hadapannya sebenarnya tertancap jauh ke dalam bumi dan mempunyai akar, seperti yang dikatakan oleh para ilmuwan? Berbagai buku mengenai geologi hanya membicarakan bagian yang terdapat di atas permukaan tanah.
Hal ini karena buku-buku tersebut tidak ditulis oleh para ilmuwan dalam bidang geologi. Meski demikian, geologi modern telah menegaskan kebenaran ayat-ayat Al Qur’an.



Foot note :
  1. Earth [Bumi], Press dan Siever, hal. 435. Lihat juga Earth Science, Tarbuck dan Lutgens, hal. 157.
  2. The Geological Concept of Mountains in the Qur’an [Konsep Geologi(Kajibumi) tentang Bukit dan Gunung Di dalam Al-Quran], El-Naggar, hal. 5.
  3. The Geological Concept of Mountains in the Qur’an [Konsep Geologi(Kajibumi) tentang Bukit
    dan Gunung Di dalam Al-Quran], hal. 5.
  4. The Geological Concept of Mountains in the Qur’an [Konsep Geologi(Kajibumi) tentang Bukit
    dan Gunung Di dalam Al-Quran], hal. 44-45.
  5. The Geological Concept of Mountains in the Qur’an [Konsep Geologi(Kajibumi) tentang Bukit
    dan Gunung Di dalam Al-Quran], hal. 5
===
Wallahu a'lam bishshawab 


diambil dari e-book : "Pedoman Ringkas Bergambar Untuk Memahami Islam"
judul asli :
 "A Brief Illustrated Guide To Understanding Islam"
Penulis :
 I. A. Ibrahim
Alih bahasa :
 Setiawan Assegaf
sumber asli :
http://www.islam-guide.com (english)
klik image ini untuk download e-booknya (bhs. Indonesia) 
sumber : www.islamhouse.com

Komentar